Inilah Langkah yang Harus Ditempuh Untuk Kendalikan Pandemi Covid-19

Inilah Langkah yang Harus Ditempuh Untuk Kendalikan Pandemi Covid-19

JAKARTA – Akibat virus Covid-19 telah bermutasi kepada varian Delta, maka untuk mencapai herd immunity akan dirasa sulit. Sehingga, harus ada strategi baru untuk mengendalikan pandemi ini.

“Strategi sekarang tidak bicara herd immunity lagi. Tetapi mengendalikan pandemi ini,” tegas Menteri Koordinator (Menko) Bidang Kemaritiman dan Investasi, Luhut Binsar Pandjaitan di Jakarta, Selasa (24/8).

Menurut Luhut, ada tiga langkah untuk menurunkan angka reproduksi virus atau penularan  Covid-19. Yaitu mengurangi proporsi populasi yang rentan terhadap infeksi melalui penerapan 3M dan 3T. Kemudian, mengurangi durasi kontak. Satu lagi, meningkatkan proporsi populasi yang kebal atau imun melalui vaksinasi.

Luhut menjelaskan angka reproduksi virus kini berada di level 1,2 hingga 1,5. Melalui penerapan 3M dan 3T, wabah akan terkendali apabila level reproduksinya berada di bawah angka satu.

“Namun dengan catatan, coverage vaksinasi tinggi ditambah dengan penerapan 3M dan 3T yang juga tinggi di masyarakat,” paparnya.

Pemerintah, lanjutnya, memakai aplikasi Peduli Lindungi untuk memaksimalkan upaya testing, tracing, dan treatment (3T) dalam mengurangi penularan Covid-19.

Terutama di tempat-tempat publik dan keramaian. Seperti pusat perbelanjaan, mal, hingga kawasan pabrik dan industri.

“Anda punya handphone akan menceritakan kalau ada yang tertular atau ketemu siapa saja di sekitar Anda. Karena dari handphone ke handphone akan terhubung,” kata Luhut.

Dia menyebut, pada Maret 2020 angka reproduksi Covid-19 di Indonesia mencapai 2,5. Kemudian menurun menjadi 1,1 pada Maret 2021 melalui penerapan kebijakan PSBB dan PPKM.

Namun Juli 2021 angka reproduksi virus kembali naik ke angka 1,5. Ini terjadi karena peningkatan mobilitas masyarakat yang tidak diikuti penerapan 3M dan 3T.

“Ditargetkan Oktober nanti bisa lebih terkendali apabila menerapkan aplikasi Peduli Lindungi. Vaksinasi jalan, testing dan tracing jalan. Selain itu, protokol kesehatan juga harus ketat,” pungkas Luhut. (fin)

Baca juga:

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Sumber: